Adisa, Salmawati Syamsudin Hudari (2023) PERAN GURU MI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL ULUM GONDANG MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (831kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (617kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (648kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (496kB) |
|
Text (Skripsi Adisa Hudari)
Skripsi Adisa Hudari New 2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran guru mi dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik di mi miftahul ulum gondang, di mana penelitian ini berangkat dari kedisiplinan dan religius yang akan menjadikan keberhasilan mudah digapai, diterapkan dan diamalkan dimasyarakat. Sehingga, Berdasarkan literasi yang diperoleh peneliti bahwa banyak faktor yang mempengaruhi proses belajar peserta didik antara lain motivasi belajar, perhatian orang tua, fasilitas belajar, disiplin belajar, religius dan lain-lain. Yang mana itu semua bagain dari karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk membehas, (1) peran guru sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter disiplin dan religius peserta didik di Mi Miftahul Ulum Gondang (2) peran guru sebagai teladan dalam pembentukan karakter disiplin dan religius peserta didik di Mi Miftahul Ulum Gondang, dan (3) Bagaimanakah faktor eksternal yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin dan religius peserta didik di Mi Miftahul Ulum Gondang. Dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan yang bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang bertujuan mengungkap fenomena yang ada dan memahami makna di balik fenomena tersebut.
Adapun Hasil penelitian yang kami peroleh adalah bahwa (1) Guru selalu mengingatkan, menasihati dan membimbing siswa agar tidak melakukan kekerasan fisik terhadap teman-temannya di kelas, kegiatan tersebut disampaikan oleh guru di awal kegiatan secara berulang-ulang di depan kelas. (2) memberi contoh kepada siswa melalui ikut dalam pembiasaan-pembiasaan yang ada di sekolah seperti guru ikut dalam melaksanakan solat zuhur berjamaah, ikut berdoa diawal dan diakhir pembelajaran. (3) Faktor eksternal yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin dan religius peserta didik di Mi Miftahul Ulum Gondang yaitu melalui pendidikan dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter Disiplin dan Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:46 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:46 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2729 |
Actions (login required)
View Item |