STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ (LMI) KANTOR LAYANAN MOJOKERTO DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT PROFESI

Rizal Adrianto, Rizal (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ (LMI) KANTOR LAYANAN MOJOKERTO DALAM MENGHIMPUN DANA ZAKAT PROFESI. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan dan kesenjangan merupakan fenomena sosial kompleks yang belum terselesaikan hingga saat ini. Salah satu konsep dalam mengatasi permasalahan ini adalah melalui zakat, zakat adalah bentuk ibadah yang memiliki dimensi spiritual dan nilai sosial. Lembaga Manajemen Infaq (LMI) merupakan lembaga filantropi yang fokus pada penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, wakaf, dan kemanusiaan untuk membantu yang membutuhkan. Penelitian ini berfokus pada zakat profesi, yaitu zakat yang diambil dari individu yang penghasilan profesinya telah mencapai nisab, seperti pegawai pajak, ASN, dokter, notaris, dan profesi lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Strategi Public Relations LMI Kantor Layanan Mojokerto dalam menghimpun dana zakat profesi.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data primer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori Public Relations yang dikemukakan oleh Scott M Cutlip dan Allen Center digunakan sebagai kerangka analisis untuk menganalisis strategi public relations yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMI Kantor Layanan Mojokerto menerapkan berbagai strategi, termasuk riset segmentasi, targeting, dan positioning. Mereka juga mengintegrasikan nilai-nilai lembaga dalam setiap kegiatan, membuat konten yang informatif, dan menyediakan layanan yang memudahkan muzaki (pemberi zakat) dalam membayar zakat. Selain itu, LMI juga aktif dalam mengadakan kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dan melakukan evaluasi setiap bulan untuk memastikan efektivitas strategi yang diimplementasikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana LMI Kantor Layanan Mojokerto dalam menghimpun dana zakat profesi dengan menerapkan berbagai strategi Public Relations yang fokus pada komunikasi, nilai-nilai lembaga, pelayanan yang efektif, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zakat Profesi, Strategi Public Relations, Penghimpunan dana zakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:11
Last Modified: 14 Mar 2024 07:11
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item