PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI MIN 2 MOJOKERTO

Riza, Ayu Dewi Jayanti (2023) PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI MIN 2 MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Riza Ayu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akhlak memegang peranan sentral dalam membentuk karakter dan moral generasi muda sebagai landasan kokoh untuk menghadapi kompleksitas tantangan zaman modern. Di tengah perubahan sosial yang cepat dan beragam, pembentukan nilai-nilai etika dan moral menjadi semakin penting bagi perkembangan siswa. Dalam upaya memenuhi tuntutan ini, sekolah telah mengadopsi berbagai metode, dan salah satu pendekatan yang menonjol adalah melalui program sekolah ramah anak.
Adapun tujuan daripada penelitian diperuntukkan: Pertama, untuk menganalisis implementasi Pendidikan akhlak melalui program sekolah ramah anak di MIN 2 Mojokerto. Kedua, Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Pendidikan akhlak melalui program sekolah ramah anak di MIN 2 Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru, dan orang tua siswa untuk melakukan pengamatan langsung di sekolah, serta analisis dokumen terkait kebijakan sekolah ramah anak dalam membentuk akhlak siswa. Dan teknis analisisnya menggunakan Teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan akhlak melalui program sekolah ramah anak di MIN 2 Mojokerto memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya membentuk karakter akhlak siswa. Temuan ini menegaskan bahwa sekolah mampu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan nilai-nilai akhlak dengan melibatkan seluruh komponen pendidikan, termasuk tenaga pendidik, orang tua, dan masyarakat. 2) Faktor pendukungnya: Pertama komitmen kuat dari tenaga pendidik dan manajemen sekolah memainkan peran sentral dalam menjalankan program ini. Kedua, Dukungan aktif dari orang tua dan keterlibatan masyarakat turut memberikan kontribusi penting dalam menciptakan lingkungan yang merangsang perkembangan nilai-nilai akhlak siswa. Ketiga, Integrasi nilai-nilai akhlak ke dalam kurikulum serta penerapan pendekatan pengajaran interaktif juga memperkuat pengalaman pendidikan akhlak siswa. Faktor penghambatnya: Pertama, Keterbatasan waktu dalam kurikulum yang padat menunjukkan kompleksitas dalam mengatasi tuntutan akademis dan nilai-nilai akhlak secara seimbang. Kedua, Tantangan dalam mengadaptasi program untuk setiap kelas dengan karakter siswa yang berbeda juga menggarisbawahi pentingnya pendekatan yang fleksibel dan individual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Sekolah Ramah Anak, MIN 2 Mojokerto
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Mar 2024 08:09
Last Modified: 16 Mar 2024 08:09
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item