MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGOPTIMALKAN PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN AL-HIKAMUSSALAFIYYAH SUMEDANG

Ayi Abdul, Kohar (2023) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGOPTIMALKAN PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN AL-HIKAMUSSALAFIYYAH SUMEDANG. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak Ayi Abdul Kohar.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (134kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Ayi ABdul Kohar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada perkembangan kajian terhadap tahfidz al-Qur’an di Indonesia pada masa kini dirasakan sangat signifkan buat dikembangkan. Hal ini terlihat dari banyaknya lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang menggalakkan dan mengembangkan program pembelajaran tahfidz al-Qur’an. Pesantren Al-Hikamussalafiyyah merupakan salah satu lembaga yang berhasil dalam mencetak generasi penghafal Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) Mendeskripsikan bentuk kurikulum program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan (2) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum dalam mengoptimalkan program tahfidz di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sumedang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sumeang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi pimpinan pesantren, koordinator bidang tahfidz , dewan guru, dan salah satu santri. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa (1) bentuk kurikulum tahfidz tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah meliputi beberapa tahapan perencanaan (adanya dasar dan tujuan pembelajaran, penentuan target materi dan capaian, serta alokasi waktu pembelajaran) dan pengorganisasian (adanya pembagian strukur tugas, dan materi pembelajaran). (2) implementasi kurikulum dalam mengoptimalkan program tahfidz meliputi pelaksanaan (proses pembelajaran terdiri dari tiga tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, penerapan metode setiap tingkatan kelas dan pengkondisian pembelajaran). Setelah itu ada pengawasan dilakukan sekaligus dengan evaluasi dengan bentuk kegiatan (setoran harian, laporan tahfidz bulanan, sima’an, ujian kelipatan 5 juz, kegiatan semesteran dan tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren, Tahfidz Quran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Mar 2024 11:26
Last Modified: 08 Mar 2024 11:26
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item