STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KUALITAS TAHFIDZ SISWA DI MA PLUS AL-HIKAM SUMEDANG

Ai, farida (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KUALITAS TAHFIDZ SISWA DI MA PLUS AL-HIKAM SUMEDANG. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak Ai Faridah.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (FULL TESIS)
Full Tesis Ai Farida.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada pendidikan imadrasah iyang inotebennya iadalah iPendidikan iIslam iberlandaskan ipada iajaran-ajaran itentang ial-Qur’an imenjadi ikebutuhan iyang ibegitu ipenting idiera isaat iini, idalam ipendidikan imadrasah isering ikita ijumpai ipara ipenghafal ial-Qur’an. MA Plus Al Hikam merupakan salah satu lembaga yang berhasil dalam mencetak generasi penghafal Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) imenganalisis idan imendeskripsikan istrategiikepala. imadrasah idalam imembentuk ikualitas itahfidz isiswa idi iMA iPlus iAl-Hikam iSumedang dan (2) Untuk imenganalisis idan imendeskripsikan ievaluasi ikualitas itahfidz isiswa idi iMA iPlus iAl-Hikam iSumedang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MA Plus Al Hikam Sumedang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, koordinator bidang tahfidz , dewan guru, dan salah satu siswa. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa (1) Strategi kepala madrasah dalam membentuk kualitas tahfidz siswa di MA Plus Al Hikam Sumedang merancang program tahfidz menjadi pembelajaran muatan lokal, siswa mengikuti program tahfidzul Qur’an untuk menjadikan lembaga pendidikan yang islami, unggul dan menjadi idaman, menentukan targer hafalan dan jadwal kegiatan tahfidzul qur’an bagi siswa. Selain itu dalam pelaksanaanya program tahfidzul qur’an menggunakan sistem target satu halam dalam satu setoran dengan menghafal minimal 5 juz selama satu tahun, siswa menggunakan metode talaqiq dalam menghafal al-Qur’an, dan siswa menghafal 5 juz sebagai kewajiban dalam melaksanakan ujian kubro. (2) Hasil evaluasi kualitas tahfidz siswa MA Plus Al-Hikam dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap madrasah, sebagai salah satu program kegiatan unggulan di masing-masing madrasah tersebut dan siswa senantiasa mampu membaca dan menghafal al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah membaca al-Qur’an, dan dapat menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala, Madrasah, Tahfidz Quran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Mar 2024 11:25
Last Modified: 08 Mar 2024 11:25
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item