IMPLIKASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH (Studi Kasus di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo)

Moh., Ihsan (2020) IMPLIKASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH (Studi Kasus di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover and abtrak)
cover upload.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (259kB)
[img] Text (tesis full)
IHSAN TESIS SATU FILE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Moh. Ihsan, 2020. Pendekatan Saintifik dan Implikasi terhadap Pembelajaran Fiqih di Madrasah (Studi Kasus di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo). Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto. Pembimbing pertama; Dr. Sigit Priyo Sembodo, M. Pd, Pembimbing kedua; Dr. Masyhadi, M. Ag
Key word : Scientific, Implikasi, Fiqih, Madrasah
Pendekatan saintifik sebagai pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa secara luas untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi materi yang dipelajari. Peserta didik dipandang sebagai subjek belajar yang perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru hanyalah seorang fasilitator yang membimbing danmengkoordinasikan kegiatan belajar. Mengingat pentingnya pendekatan tersebut, maka guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo menerapkan pendekatan saintifik ini dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di madrasah.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo ?, 2) Bagaimana implikasi dari pendekatan saintifik yang diterapkan pada pembelajaran Fiqih di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo ?, 3) Apa kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Untuk menentukan sumber data, digunakan purposive sampling dengan pertimbangan yaitu subjek dan informan yang dipilih adalah orang yang mampu memberikan informasi seluas mungkin mengenai fokus penelitian. Selanjutnya, untuk memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, digunakan tekhnik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian selama di lapangan sebagai berikut ; 1) Pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo dilakukan melalui pembuatan desain pembelajaran dengan mengacu pada langkah-langkah yang telah digariskan dalam penerapan saintifik, yaitu; learner analysis, pembelajaran berfokus pada student centered, penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan evaluasi berbasis autentic assessment. 2) Implikasi dari pendekatan saintifik yang diterapkan pada pembelajaran Fiqih yaitu; suasana pembelajaran yang menyenangkan, motivasi belajar meningkat, tumbuhnya sikap toleran dan saling menghargai, prestasi belajar meningkat. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih yaitu; minimnya alokasi waktu yang tersedia, penempatan waktu kegiatan pembelajaran Fiqih pada jam terakhir, lemahnya baca tulis Arab siswa, kurang perhatiannya siswa terhadap pelajaran agama dan terkesan dinomerduakan, dan minimnya perhatian keluarga terhadap perkembangan keagamaan siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Aug 2020 07:10
Last Modified: 21 Aug 2020 07:10
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item