KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTS DARUL HIKMAH NGANCAR KEDIRI

Sarno, Sarno (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTS DARUL HIKMAH NGANCAR KEDIRI. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Tesis Full)
SARNO_TURNITIN TESIS 2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepala madrasah adalah pemimpin madrasah dalam satuan pendidikan formal yang berbasis ke Islaman. Sebagai kepala madrasah memiliki peran yang menuntutnya untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya yang berkaitan dengan kepemimpinan pendidikan dengan sebaik mungkin, termasuk didalamnya sebagai pemimpin dan pengajar. Kepala Madrasah MTs Darul Hikmah Ngancar sebagai pemimpin mempunyai tugas yang sangat berat dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kinerja kepala Madrasah dalam Implementasi Manajemen berbasis Madrasah di MTs Darul Hikmah Ngancar? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kinerja kepala Madrasah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang kinerja Kepala Madrasah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Darul Hikmah Ngancar serta kendala kepala madrasah dalam Implementasi manajemen berbasis Madrasah.
Jenis Penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data primer dengan wawancara Kepala Madrasah, Wakil Kepala, guru dan Tenaga Kependidikan serta Komite Madrasah, observasi ke madrasah juga dokumentasi yang disajikan dalam bentuk kalimat yang digambarkan secara terperinci.
Hasil dari Penelitian ini adalah, 1) Dengan mempertimbangkan waktu, kondisi, dan konteks, Kepala Madrasah mengambil pendekatan yang adaptif dan fleksibel dalam memimpin. Hal ini menunjukkan tingkat kematangan dan ketajaman dalam kepemimpinan, karena tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu menerapkan konsep-konsep tersebut sesuai dengan kebutuhan nyata yang dihadapi oleh lembaga yang dipimpinnya. 2) Hambatan – hambatan yang dialami yaitu, a) Keterbatasan Pemahaman Manajemen dan Administrasi , b) Kesulitan Menghadapi Tugas dan Tanggung Jawab Baru, c) Keterbatasan Pendanaan. Kesimpulannya dibutuhkan Kepemimpinan yang Bijak dan demokratis dari kepala Madrasah terhadap permasalahan yang ada sehingga menjadi Madrasah yang Hebat

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Manajemen Berbasis Madrasah
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:42
Last Modified: 01 Mar 2024 08:42
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item