PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELAS B TK DHARMA WANITA SUMBERKEMBAR KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

AYU, UTARI (2021) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELAS B TK DHARMA WANITA SUMBERKEMBAR KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO. Diploma thesis, INSTITUT KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran di TK Dharma Wanita Sumberkembar yaitu tingkat kemampuan perkembangan bahasa anak masih terbilang sangat kurang. Perkembangan bahasa yang dimiliki oleh anak masih rendah dan belum berkembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak usia di TK Dharma Wanita Sumberkembar.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pre-experiment design dengan menggunakan one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai obyek penelitian. Dalam penelitian ini hanya ada satu kelompok yang berfungsi sebagai kelompok kontrol (sebelum dikenalkan perlakuan ujinya) maupun kelompok eksperimen (setelah dikenalkan perlakuan ujinya). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas A di TK Dharma Wanita Sumberkembar yang terdiri dari 10 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak, hal ini dapat diketahui dari nilai rata- rata atau mean yang diperoleh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode bernyanyi yaitu 24,10 kemudian meningkat menjadi 32,60. Hal ini juga diperkuat dengan hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menggunakan bantuan SPSS dengan hasil yang diperoleh yaitu nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau sig.< 0,05 maka H0 di tolak dan Ha di terima. Hal ini berarti bahwa dengan bernyanyi dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak di TK Dharma Wanita Sumberkembar Pacet Mojokerto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi, Perkembangan Bahasa Aanak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:13
Last Modified: 23 Feb 2024 08:13
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item