MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TACHFIDZUL QUR’AN (Studi Di Pondok Pesantren Terpadu Alyasini Wonorejo Kabupaten Pasuruan)

Fathurrohman, Fathurrohman (2022) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TACHFIDZUL QUR’AN (Studi Di Pondok Pesantren Terpadu Alyasini Wonorejo Kabupaten Pasuruan). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL FATKHURROHMAN repst.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menghafal alqur’an juga menjadi salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan al-Qur'an. Namun dalam pelaksanaanya terdapat berbagai masalah. Maka dari sini diperlukan adanya manajemen kurikulum berbasis tahfidzul Qur’an Di Pondok Terpadu Al-Yasini Wonorejo Pasuruan. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Manajemen kurikulum menghafal alqur’an di Pondok pesantren terpadu alyasini?; 2) Apa Saja Faktor-faktor Pendukung manajemen kurikulum menghafal alqur’an di Pondok pesantren terpadu alyasini?
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam mengenai suatu fenomena, kejadian, peristiwa, dan kegiatan atau aktivitas tertentu guna untuk memperoleh informasi yang mendalam terkait hal tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik Analisi datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi, display dan verifikasi. Sedangkan Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Manajemen kurikulum menghafal alqur’an di Pondok pesantren terpadu alyasini adalah a) Merencanakan Program Tahfidz; b) Menentukan arah tujuan kurikulum tafidz; c) Menetukan Standar Kompetensi Tahfidz; d) Melakukan Promosi Merekrut Warga Belajar Tahfidz; e) Menjalin Kemitraan; f) Menentukan Kurikulum Tahfidz; g) Menyiapkan Instruktur Tahfidz. 2) Faktor-faktor Pendukung manajemen kurikulum menghafal alqur’an terdiri atas dua macam yakni faktor internal seperti yang menjadi visi misi pondok dan faktor eksternal seperti kebutuhan santri itu sendiri yang ingin menjadi tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, berbasis Tahfidzul Qur’an
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Feb 2024 11:40
Last Modified: 19 Feb 2024 11:40
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item