PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. ZAINUL IRSYAD WARUJINGGO LECES PROBOLINGGO

ZA, Rofiq (2020) PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. ZAINUL IRSYAD WARUJINGGO LECES PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
FILE 2 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (BAB V Penutup Kesimpulan)
FILE 3 BAB V Penutup Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
FILE 5 Tugas Akhir Ilmiah pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan alat tolak ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pembelajaran. Prestasi belajar siswa sangatlah beragam, hal ini karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah guru. Guru dianggap orang yang paling menentukan dalam proses pembelajaran, hal ini karena guru yang bersentuhan langsung terhadap siswa didalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut untuk memliki kepribadian dan profesionalisme yang baik.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo. (2) untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh Profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo. (3) untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh positif signifikan kepribadian dan profesionalisme guru bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu semua siswa-siswi kelas VII dan VIII MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo dan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 82 responden siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diawali dengan analisis uji asumsi klasik.

Hasil penelitian diperoleh (1) terdapat pengaruh positif signifikan dan kuat antara kepribadian guru dengan prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo, hal ini berdasarkan uji t dengan diperoleh nilai sig 0,00>0,05 dengan koefisien 0,759. (2) terdapat pengaruh positif signifikan dan kuat antara Profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo hal ini berdasarkan uji t dengan diperoleh nilai sig 0,00>0,05 dengan koefisien 0,682. (3) terdapat pengaruh positif signifikan secara bersama-sama antara Kepribadian dan Profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa MTs. Zainul Irsyad Warujinggo Leces Probolinggo, hal ini berdasarkan uji F dengan diperoleh nilai sig 0,00> 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,841 atau 84,1 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Primary supervisor ; Dr.H.Rudolf Crysoekamto, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Profesionalisme, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:28
Last Modified: 21 Aug 2020 04:28
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item