Sahria, Tempur (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MTS THORIQUL ULUM PACET. Diploma thesis, Universitas Kh.Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (334kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Metode Outdoor Learning merupakan cara guru untuk memberikan pengelaman baru tehadap pengembangan pengetauhan siswa, serta mendekatkan siswa dengan lingkungan belajar yang nyata. Dengan harapan para siswa bisa meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran fikih dengan melibatkan peserta didik Mts Thoriqul Ulum Pacet.
Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana penerpan outdoor learning dalam pembelajaran fikih kelas VII Mts Thoriqul Ulum Pacet dan bagaimana implikasi outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih kelas VII Mts Thoriqul Ulum Pacet. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan cara, 1) observasi,2) wawancara, 3) dokumentasi.
Adapun temuan penelitian ini adalah: 1. Penerapana Outdoor Learning dalam Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VII Mts Thoriqul Ulum Pacet. Penerapan metode outdoor learning dalam pembelajaran fikih dilaksanakan dengan berberapa langkah langkah di antaranya: a. perencanaan pembelajaran Outdoor learning: 1) me nyiapakan materi, 2) menyiapkan lokasi belajar, 3) menentukan cara belajaar siswa, 4) membuat rpp, promes dan prota, b. pelaksanaan pembelajaran outdoor learning: 1) pelaksanaan pembelajaran outdoor learning meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup dan doa, 2) guru mengadakan diskusi sebagai cara belajar dalam kegiatan pembelajaran outdoor learning, 3) guru membuka sesi tanya jawan di akhir pembelajaran, dan c. evalusi pembelajaran outdoor learning : 1) guru menggunakan penilaian dengan menjawab pertanyaan soal yang ada di lks, 2) guru memberikan ujian tes lisan dengan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru maupun teman kelas, 3) guru menguji kemampuan siswa dengan menyuru praktekan sebuah meteri yang telah di pelajari. 2. Implikasi outdoor Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Mts Thoriqul Ulum Pacet. a) dengan penerapan pembelajaran outdoor learning para siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kegiatan belajar karena suasan yang berbeda, b) dengan penerapan pembelajaran outdoor laerning para siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam mengeksplorasi diri siswa terhadap lingkungan, c) dengan penerapan outdoor learning pembelajaran akan tersana nyaman dikarenakan siswa disuguhkan dengan lingkungan yang nyata, d) dengan penerapan outdoor learning pemahaman siswa mengenai materi lebih membaik dan sangat berkesan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Outdoor Lerning, Fikih, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 09 Feb 2024 08:19 |
Last Modified: | 09 Feb 2024 08:19 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |