PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS M-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2 SUBTEMA 1 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V MI ADDINIYAH

Budi, Sufi Khamdi (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS M-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 2 SUBTEMA 1 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V MI ADDINIYAH. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa MI Addiniyah secara jarak jauh, daring, dan atau luring masih sangat kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran, hal ini dibuktikan dari kurangnya variasi media pembelajaran yang telah digunakan, kejenuhan siswa dalam belajar, dan menurunnya nilai hasil belajar siswa, dikarenakan pembelajaran jarak jauh kurang mendapat kontrol dari guru sehingga siswa cenderung kurang memahami isi materi pembelajaran, hal ini sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa sehingga mengakibatkan kurang tercapainya tujuan dari pembelajaran.
Oleh karena itu dalam pembelajaran jarak jauh, seorang guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan oleh siswa dalam mengikuti kegiatan belajar, sehingga mampu meningkatkan mutu pembelajaran. Media pembelajaran articulate storyline yang digunakan dengan basis m-learning sangat cocok digunakan dalam pembelajaran, karena mudah digunakan, menarik, dan memberikan guru kebebasan dalam berkreativitas dalam membuat media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran articulate storyline berbasis m-learning terhadap hasil belajar siswa tema 2 subtema 1 udara bersih bagi Kesehatan kelas V MI Addiniyah. Design penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V dengan jumlah 20 siswa sebagai sampel penelitian
Hasil analisis data dengan menggunakan Uji Willcoxon untuk soal pilihan ganda didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti bahwa hasil uji tersebut lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran articulate storyline berbasis m-learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, M-Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:00
Last Modified: 16 Feb 2024 09:00
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item