PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 MUATAN IPA DI MI DARUSSALAM PACET

Aninda, Mufidatun Zulfa (2023) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 MUATAN IPA DI MI DARUSSALAM PACET. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Skripsi Full Aninda)
SKRIPSI Aninda M.Z (wisuda).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Dalam rangka menciptakan suasana belajar yang kondusif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dituntut harus mampu dan mau berinovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik. Siswa sekolah dasar masih berada dalam tahap operasional konkret. Hal ini dibuktikan dari hasil pencapaian TIMSS 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada pada posisi ke 4 dari bawah untuk IPA dan ke 6 dari bawah untuk matematika. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang monoton. Media interaktif animasi merupakan media yang pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif karena sistem pembelajaran ini berbasis multimedia yang mewujudkan gambar ilusi bergerak dan dapat berubah-ubah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media interkatif animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 7 muatan IPA di MI Darussalam Pacet. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif statistik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen one group pretest posttest design.
Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan didapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum menerapkan media interaktif animasi memiliki rata-rata sebesar 41,24. Sedangkan setelah diberikannya perlakuan dengan media interaktif animasi memperoleh hasil sebesar 72,38. Diketahui bahwa skor hasil posttest lebih besar dari skor hasil pretest. Kemudian didapatkan hasil dari uji paired sampel t-tes nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,0000,05 maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Animasi, Hasil Belajar Tema Muatan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:06
Last Modified: 16 Feb 2024 09:06
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item