Nur, Izzati (2023) KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (STUDI KASUS DI MAN 1 GRESIK). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (465kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS II IZZA REPS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kebijakan program sekolah ramah anak, kemampuan manajerial kepala sekolah dalam mengimplementasikan program sekolah ramah anak, serta implikasi dari kemampuan manajerial kepala sekolah MAN 1 Gresik dalam menerapkan program sekolah ramah anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi: kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan guru. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa: 1) Pelaksanaan Kebijakan program SRA di MAN 1 Gresik berlangsung secara Bottom Up berlandaskan pada prinsip sekolah ramah anak yaitu non-diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, tanpa kekerasan, dan penghargaan bagi anak dengan mengintegrasikan beberapa program yang ada seperti program sekolah adiwiyata, sekolah siaga kependudukan (SSK), Sekolah aman, sekolah inklusi, pangan jajan anak sekolah BPOM, UKS, Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERRAM). 2) Implementasi manajemen sekolah ramah anak diawali dengan tahap perencanaan serta analisis situasi dan kondisi, pengorganisasian serta membentuk tim sesuai dengan kemampuan, pelaksanaan program kepala sekolah sebagai role model, dan evaluasi dilakukan secara langsung dan tidak langsung selama 3 bulan satu kali dan 1 tahun sekali dilakukan secara terprogram. 3) Implikasi program SRA sangat berpengaruh positif bagi seluruh warga sekolah, lingkungan sekolah, sehingga karakter, komunikasi, dan kerjasama terbentuk dengan baik sehingga menjadi lembaga pendidikan yang berkategorikan BARIISAN (bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman) terciptanya disiplin positif yang merupakan pengembangan dari tata tertib dan mempunyai banyak sekali prestasi baik akademik maupun non akdemik buktinya adalah 105 dari 382 siswa kelas XII tahun 2023 telah diterima di PTN melalui jalur SBMPTN, MAN 1 Gresik juga mendapatkan predikat sebagai juara 2 Sekolah Siaga Kependudukan tingkat Jawa Timur
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Implementasi Program Sekolah Ramah Anak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 08:16 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 08:16 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2584 |
Actions (login required)
View Item |