MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN KURIKULUM 2013 PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA SABILUT THOYYIB KOTA PASURUAN

Fisona, Fisona (2023) MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN KURIKULUM 2013 PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA SABILUT THOYYIB KOTA PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Tesis Full)
FISONA TESIS REPOSt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses Analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data dan pengecekan kabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan metode triangulasi data.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Perencanaan dengan cara: a) mengintegrasikan tujuan kurikulum yaitu menggunakan visi dan misi yang sama, b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum dengan penyandingan materi pesantren dan materi di sekolah dalam pengetahuan umum, organisasi kurikulum ini dimasukkan pada bentuk integrasi dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler;. 2) Pelaksanaan dengan cara: dengan cara: a) mengintegrasi program pelaksanaan kurikulum yaitu kalendar akademik dan rencana kegiatan akademik sekolah dan pesantren secara bersama, kegiatan akademik seperti jadwal harian santri, matsada, wama, konvergensi SMA dan keluarga, capaian siswa, ijazah kelulusan, b) mengintegrasikan supervisi pelaksanaan kurikulum dengan kerja sama pesantren dan sekolah;. 3) Evaluasi dengan cara: a) melakukan evaluasi konteks kurikulum bersama, yang meliputi: perkembangan sosial-budaya, perkembangan IPTEK, b) melakukan evaluasi input bersama, yang meliputi: kompetensi tenaga pendidik, kesiapan peserta didik dan ketersediaan media/sarana belajar, c) melakukan evaluasi proses bersama, meliputi: evaluasi mingguan dan evaluasi insidentil, dan d) melakukan evaluasi produk bersama, yang meliputi: evaluasi tengah tahun dan evaluasi akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren, Kegiatan Ekstrakurikuler
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Dec 2023 11:35
Last Modified: 19 Dec 2023 11:35
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item