IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GOLONGAN PENGGALANG KELAS IV BERBANTU SKU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MI SUNAN AMPEL II TROSOBO SIDOARJO

Muhammad, Ridho Albi (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GOLONGAN PENGGALANG KELAS IV BERBANTU SKU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MI SUNAN AMPEL II TROSOBO SIDOARJO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN PENUTUP)
BAB V (KESIMPULAN PENUTUP).pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawab individu atau kelompok. Disiplin dapat diartikan sebagai pengaruh yang dirancang untuk mebantu siswa dalam menghadapi lingkungannya.
Perhatiannya siswa terhadap disiplin tergolong kurang. Sehingga disiplin dianggap hanya sebagai simbol tertulis dalam lingkungan sekolah. Akibat rendahnya tingkat kedisiplinan siswa mendorong sekolah untuk membuat program yang memiliki tanggung jawab untuk memberi pengetahuan, keterampilang, dan mengembangkannya baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Hal ini erat kaitannya dengan kepramukaan karena dalam ekstrakurikuler pramuka terdapat banyak program yang bisa meningkatkan kedisiplinan melalui pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah Pembina Pramuka, Guru Kelas IV, dan siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai upaya untuk mengetahui kondisi kedisiplinan siswa yang dihubungkan dengan pengisian SKU pada ekstrakurikuler pramuka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil dari penelitian tentang implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka berbantu SKU untuk membentuk karakter disiplin pramuka yang ada di MI Sunan Ampel II Sidoarjo adalah 1) tergolong bagus baik secara kelengkapan administratif maupun praktis. Secara praktisnya, dalam pengondisian siswa dapat dikatakan bahwa pembina dapat mengarahkan siswa menjadi pribadi yang lebih disiplin. 2) Dengan pengisian poin-poin SKU yang dijabarkan dalam bentuk program dapat meningkatkan kedisiplinan siswa baik secara ibadah, sikap, waktu maupun belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka, Syarat Kecakapan Umum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 21 Aug 2020 04:18
Last Modified: 21 Aug 2020 04:18
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item