Muhammad, Ridho Albi (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GOLONGAN PENGGALANG KELAS IV BERBANTU SKU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MI SUNAN AMPEL II TROSOBO SIDOARJO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER ABSTRAK)
COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version Download (330kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN PENUTUP)
BAB V (KESIMPULAN PENUTUP).pdf - Published Version Download (256kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (TUGAS AKHIR ILMIAH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawab individu atau kelompok. Disiplin dapat diartikan sebagai pengaruh yang dirancang untuk mebantu siswa dalam menghadapi lingkungannya.
Perhatiannya siswa terhadap disiplin tergolong kurang. Sehingga disiplin dianggap hanya sebagai simbol tertulis dalam lingkungan sekolah. Akibat rendahnya tingkat kedisiplinan siswa mendorong sekolah untuk membuat program yang memiliki tanggung jawab untuk memberi pengetahuan, keterampilang, dan mengembangkannya baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Hal ini erat kaitannya dengan kepramukaan karena dalam ekstrakurikuler pramuka terdapat banyak program yang bisa meningkatkan kedisiplinan melalui pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah Pembina Pramuka, Guru Kelas IV, dan siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai upaya untuk mengetahui kondisi kedisiplinan siswa yang dihubungkan dengan pengisian SKU pada ekstrakurikuler pramuka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil dari penelitian tentang implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka berbantu SKU untuk membentuk karakter disiplin pramuka yang ada di MI Sunan Ampel II Sidoarjo adalah 1) tergolong bagus baik secara kelengkapan administratif maupun praktis. Secara praktisnya, dalam pengondisian siswa dapat dikatakan bahwa pembina dapat mengarahkan siswa menjadi pribadi yang lebih disiplin. 2) Dengan pengisian poin-poin SKU yang dijabarkan dalam bentuk program dapat meningkatkan kedisiplinan siswa baik secara ibadah, sikap, waktu maupun belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka, Syarat Kecakapan Umum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 04:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2020 04:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/257 |
Actions (login required)
View Item |