DAMPAK MERGER BANK SYARIAH INDONESIA Ex BRI SYARIAH PADA LOYALITAS NASABAH KCP MOJOSARI -MOJOKERTO

Alfiani, Retno Wulandari (2022) DAMPAK MERGER BANK SYARIAH INDONESIA Ex BRI SYARIAH PADA LOYALITAS NASABAH KCP MOJOSARI -MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Awal tahun 2021 kementrian BUMN mengumumkan resminya penggabungan tiga Bank Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia dengan tujuan melalui penggabungan Bank Syariah ini dapat menyatukan keunggulan ketiga bank syariah tersebut sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih lengkap, jangkauan yang lebih luas, dan memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Namun dengan kelebihan masing-masing bank tersebut menyebabkan adanya nasabah yang memiliki loyalitas yang berbeda kepada salah satu bank tersebut. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak merger Bank Syariah Indonesia pada loyalitas nasabah ex BRI Syariah KCP Mojosari-Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Mojosari-Mojokerto, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya merger Bank Syariah Indonesia menyebabkan terjadi penurunan tingkat loyalitas nasabah. Adapun penyebab turunnya tingkat loyalitas nasabah yaitu, sering terjadinya trouble pada mesin automatic teller machine (atm) dan mobile banking saat melakukan transaksi, user interface atau bentuk tampilan grafis mobile banking Bank Syariah Indonesia terlalu banyak menu sehingga dapat membingungkan nasabah, pendekatan emosional antara pegawai ke nasabah kurang maksimal, sedikitnya ketersediaan mesin automatic teller machine (atm) Bank Syariah Indonesia dibeberapa daerah sekitar Mojokerto dan belum adanya mesin atm setor tunai sehingga mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor jika ingin melakukan transaksi dalam jumlah banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah Indonesia, Penggabungan, Loyalitas Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:41
Last Modified: 18 Dec 2023 09:41
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item