PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP UNGGULAN AL-HIDAYAH KUTOREJO

A.M Alfiyan, Zainur Ramadhany (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP UNGGULAN AL-HIDAYAH KUTOREJO. Diploma thesis, Institut KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 (pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB 5 (penutup))
BAB V (penutup).pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP UNGGULAN AL-HIDAYAH KUTOREJO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan kurikulum menjadi hal yang baru bagi sekolah, yang mana
kurikulum Kurikulum merdeka merupakan kebijakan yang dirancang pemerintah
untuk membuat lompatan besar dalam aspek kualitas pendidikan agar menghasilkan
siswa dan lulusan yang unggul dalam menghadapi tantangan masa depan yang
kompleks. Inti Kurikulum merdeka adalah kemerdekaan berpikir bagi siswa dan
guru. Dalam skripsi ini akan membahas mengenai penerapan kurikulum merdeka
pada pembelajaran PAI di kelas VII SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kurikulum merdeka
di sekolah,model dan metode pembelajran yang di terapkan dikelas VII, serta faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.Penelitian ini
menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik perolehan
data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasilnya, : SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo sudah menggunakan
kurikulum merdeka pada kelas VII. Dengan sistem pembelajaran kelas pada
pembelajaran Pendidikan agama islam menggunakan motode pembelajaran aktif
(active learning) dan model Pembelajaran kooperatif (cooperative learning).
Namun disini dalam penerapan pembelajaran memiliki faktor pendukung dan
penghambat. Faktor pendukungnya adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa
sehingga siswa berperan aktif dan bebas berekspresi. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurangnya media pembelajaran yang memadai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr.Juli Amaliya Nasucha, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kurikulum merdeka, Pembelajaran PAI, metode pembelajaran
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:05
Last Modified: 18 Dec 2023 09:05
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item