MOTIF KOMUNIKASI NEW MEDIA (STUDI KASUS REMAJA ADAT BADUY LUAR TERHADAP PERILAKU NARIS DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE)

Muti, Mutiah (2023) MOTIF KOMUNIKASI NEW MEDIA (STUDI KASUS REMAJA ADAT BADUY LUAR TERHADAP PERILAKU NARIS DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE). Diploma thesis, Institut KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
REPOSTORY COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
REPOSTORY BAB 1 PENDHULUAN.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
REPOSTORY BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
REPOSTORY DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (REPOSTORY UTUH)
REPOSTORY UTUH_MUTIAH.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hadirnya era 5.0, dimana era ini tidak lepas dengan digitalisasi dan adanya dunia maya (cyberspace), yang memberikan warna baru dalam realitas kehidupan sosial. Seperti halnya suku di Indonesia yakni Suku Baduy yang mengasingkan dirinya, akan tetapi sudah terkontaminasi oleh arus digitalisasi. Salah satunya Baduy luar yang tetap eksis pada budaya mereka dan menyebar luaskan perilaku narsis lewat media sosial diatas peraturan adatnya. Terkait hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti motif komunikasi new media pada remaja adat Baduy luar terhadap perilaku narsis di media sosial Youtube.
Maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan motif komunikasi new media pada remaja adat Baduy luar terhadap perilaku narsis di media sosial YouTube. Namun dari sekian banyaknya media sosial Youtube tentang remaja adat Baduy luar, peneliti mengeksplor akun Youtube @ayiastaman. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teori penggunaan dan kepuasan serta teori motif. peneliti mendapatkan sumber data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi yang kemudian diperkuat oleh buku-buku dan studi literatur.
Hasil penelitian ini menunjukan; berdasarkan teori penggunaan dan kepuasan (uses and gratification), bahwa remaja adat Baduy luar merasa puas dan sangat membantu dengan adanya platform di media sosial. Sedangkan, motif remaja adat Baduy luar terhadap perilaku narsis di media sosial Youtube dikarenakan guna pemasaran produk kerajinan tangan, sebagai alat komunikasi dan hiburan. Dalam peraktiknya, remaja adat Baduy luar tetap teguh dengan peraturan adat yang didalamnya terkandung suatu kebutuhan. Melalui jejaringan, remaja adat Baduy luar bisa menyebar luaskan budayanya dari beberapa frame lewat media sosial Youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motif, New Media, Suku Baduy, Narsisme, Youtube
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Broadcasting
Depositing User: S1 KPI IKHAC
Date Deposited: 09 Dec 2023 07:30
Last Modified: 09 Dec 2023 07:30
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item