Ayu, Sholihah (2020) PENERAPAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT UNTUK MENINGKATKAN POTENSI SISWA DI MIN 01 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI AYU SHOLIHAH full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Minat dan bakat merupakan kedua hal yang harus ada dalam setiap individu. Diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan atau menumbuhkan minat dan bakat seorang anak. Jika minat dan bakat anak terbentuk maka potensi yang ada dalam diri anak akan meningkat sejalan dengan minat dan bakat anak tersebut. Sebagaimana yang dilakukan oleh pelatih kegiatan ekstrakulikuler pada siswa di MIN 01 Mojokerto. Mereka melatih dan mengembangkan minat dan bakat anak sesuai dengan bidang ekstrakulikuler yang ada.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penerapan manajemen pengembangan minat dan bakat untuk meningkatkan potensi siswa di MIN 01 Mojokerto? 2) Apa yang menjadi faktor penghambat penerapan manajemen pengembangan minat dan bakat untuk meningkatkan potensi siswa di MIN 01 Mojokerto? 3) Bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan penerapan manajemen pengembangan minat dan bakat untuk meningkatkan potensi siswa di MIN 01 Mojokerto? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis bagaiamana, apa yang menjadi faktor penghambat, dan bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan penerapan manajemen pengembangan minat dan bakat untuk meningkatkan potensi siswa di MIN 01 Mojokerto.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Proses manajemen pengembangan minat dan bakat melalui tahapan perencanaan, tahapan pengorganisasian, tahapan pelaksanaan ekstrakulikuler, dan tahapan evaluasi pelaksanaan ekstrakulikuler. 2) faktor penghambat proses penerapan manajemen pengembangan minat dan bakat siswa di MIN 01 Mojokerto yaitu kepala sekolah masih kurang memantau, mengatur, dan mengkondisikan kegiatan ekstrakulikuler secara optimal. 3) upaya yang dilakukan adalah adanya pemantauan yang rutin dari kepala sekolah pada setiap kegiatan ekstrakulikuler. Selain itu juga perlu adanya pengkondisian yang maksimal dari kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Rudolf Chrysoekamto, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengembangan, Minat & Bakat, Potensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 Mpi Ikhac |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 04:14 |
Last Modified: | 21 Aug 2020 04:14 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |