IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF NU DRIYOREJO GRESIK

Kuddus, Kuddus (2021) IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF NU DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL KUDDUS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah implementasi dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan pada metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan pada metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber utama penelitian ini ialah data hasil wawancara dengan guru PAI SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara induktif, yaitu penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori tetapi dimulai dari fakta empiris. Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trigangulasi teori, teknik sumber, dan waktu. Hasil penelitian adalah pertama Metode Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik, berkembang dengan signifikan dengan adanya tuntutan guru untuk menggunakan media daring dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Kedua Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kurangnya pemahaman guru Pendidikan Agama Islam tentang penerapan model pembelajaran STAD secara daring di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik adalah dengan cara selalu berusaha dalam meningkatkan kualitas pemahaman terhadap konsep pembelajaran STAD dengan banyak membaca literatur yang ada kaitannya dengan model pembelajaran STAD, melakukan MGMP secara rutin, mengikuti seminar dan diklat, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions (STAD, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:58
Last Modified: 20 Nov 2023 07:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item