Kuddus, Kuddus (2021) IMPLEMENTASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF NU DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version Download (481kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (463kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FULL KUDDUS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah implementasi dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan pada metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan pada metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber utama penelitian ini ialah data hasil wawancara dengan guru PAI SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara induktif, yaitu penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori tetapi dimulai dari fakta empiris. Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trigangulasi teori, teknik sumber, dan waktu. Hasil penelitian adalah pertama Metode Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik, berkembang dengan signifikan dengan adanya tuntutan guru untuk menggunakan media daring dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Kedua Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kurangnya pemahaman guru Pendidikan Agama Islam tentang penerapan model pembelajaran STAD secara daring di SMK Ma’arif NU Driyorejo Gresik adalah dengan cara selalu berusaha dalam meningkatkan kualitas pemahaman terhadap konsep pembelajaran STAD dengan banyak membaca literatur yang ada kaitannya dengan model pembelajaran STAD, melakukan MGMP secara rutin, mengikuti seminar dan diklat, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Divisions (STAD, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Jarak Jauh. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:58 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 07:58 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2533 |
Actions (login required)
View Item |