ROUDLOTUL, JANNAH (2023) SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI MIS RADEN RAHMAT BALONGBENDO SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
2. BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN))
3. BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (30kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text (TUGAS AKHIL ILMIAH UTUH)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
produk maupun jasa yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam periode tertentu dan ukuran tertentu yang didasarkan pada kemampuan, pengalaman, kecakapan, maupun pengetahuannya. Kinerja pendidik pada dasarnya mencakup beberapa aspek sebagai berikut; merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran, serta tindak lanjut pembelajaran. Salah satu faktor pendukung peningkatan kinerja guru ialah pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah. Supervisi akademik penting dalam menghasilkan kinerja pendidik yang bagus. Pelaksanaan supervisi akademik yang ideal merupakan pekerjaan esensial kepala madrasah. Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah secara teoritis mempengaruhi kinerja pendidik.
Fokus penelitian ini sebagai berikut; 1) Bagaimana perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo? 2) Bagaimana strategi pelaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo? 3) Bagaimana pengawasan keterlaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo? 4) Bagaimana evaluasi keterlaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo? 5) Bagaimana rencana tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo? Sedangkan, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) menganalis perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo, 2) menganalis strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo, 3. Menganalis pengawasan keterlaksanaan supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo, 4. Menganalis evaluasi keterlaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo, 5) Menganalis rencana tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik di MIS Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif ini mengakomodasi semua informasi data kualitatif sesuai dengan deskripsi yang berbeda, tidak hanya memaparkan pernyataan numerik atau hasil berupa angka-angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kasus (case study) untuk mencari dengan cermat baik peristiwa, aktifitas, proses, maupun kasus dengan dibatasi oleh waktu, sehingga berbagai prosedur digunakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Pada tahap perencanaan program supervisi akademik di MIS Raden Rahmat Balongbendo, kepala madrasah menekankan pada dentifikasi problem yang dihadapi para pendidik serta analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam aspek kegiatan pembelajaran yang mereka laksanakan, 2) kepala madrasah MIS Raden Rahmat Balongbendo dalam melaksanakan program supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan, teknik, dan instrumen supervisi yang telah dipersiapkan sebelumnya, 3) Kepala madrasah MIS Raden Rahmat Balongbendo melakukan pengawasan keterlaksanaan supervisi akademik terkait progress pendidik dalam menjalankan instruksi kepala madrasah sebagai supervisor bukan hanya mencari kesalahan pendidik, tetapi juga mencari hal-hal positif yang dilakukan pendidik, untuk dikembangkan lebih lanjut, 4) kepala madrasah MIS Raden Rahmat Balongbendo melakukan evaluasi supervisi akademik untuk mengetahui keberhasilan strategi pelaksanaan program supervisi akademik, 5) kepala madrasah MIS Raden Rahmat Balongbendo melakukan tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kinerja Pendidik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 09:25 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 09:25 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2529 |
Actions (login required)
View Item |