Indhi, Kriswati (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI KELAS KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD NEGERI PLABUHAN III KECAMATAN PLANDAAN KABUPATEN JOMBANG. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DFTR PUST.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (Tesis Full)
TF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Kegiatan supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah. Secara transendental kepala sekolah sebagai supervisor merupakan seseorang yang melakukan pengawasan dan memberikan bantuan terhadap kinerja guru dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran agar sesuai tujuan pembelajaran. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru menjadi hal penting dalam pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program supervisi kelas kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD Negeri Plabuhan III Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang.2) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan program supervisi kelas kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD Negeri Plabuhan III Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang.3) Untuk mengidentifikasi evaluasi dan 4) Untuk mengidentifikasi tindak lanjut program supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SD Negeri Plabuhan III Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: Perencanaan supervisi yaitu : 1) rapat, 2) sosialisasi supervisi,pengadaan perangkat pembelajaran 3) membuat jadwal 4) membagi jadwal serta perangkat supervisi. Pelaksanaan program sudah dikomunikasikan dengan baik 1) Pemberdayaan rapat, 2) penyelesaian pengadaan perangkat pembelajaran, 3) membuat jadwal, 4) realisasi membagi jadwal serta perangkat supervisi. Hasil 1) rapat, 2) sosialisasi supervisi, pengadaan perangkat pembelajaran 3) membuat jadwal 4) membagi jadwal serta perangkat supervisi dianalisis. Tindak lanjut 1) rapat, 2) sosialisasi supervisi pengadaan perangkat pembelajaran, 3) membuat jadwal 4) membagi jadwal serta perangkat supervisi kegiatan pasca supervisi untuk merefleksi hasil supervisi yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 11:31 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 11:31 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2499 |
Actions (login required)
View Item |