Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi organ gerak hewan dan manusia di MI The Noor Pringwulung

Sulaiman, Yahya (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi organ gerak hewan dan manusia di MI The Noor Pringwulung. Diploma thesis, Institut KH Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (bab v penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (skripsi full texs)
Skripsi Sulaiman fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir secara kritis. Berpikir secara kritis sangat bermanfaat untuk siswa karena dapat mengubah pola pikir seseorang dalam memecahkan masalah. Seseorang akan lebih teliti dan hati-hati dalam memutuskan sesuatu, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko keputusan yang salah diakhir. Model pembelajaran problem solving merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengantar siswa dalam mengembangkam kemampuar berpikir secara kritis.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V materi organ gerak hewan dan manusia. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test post-test. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa.
Analisis data berupa soal dan angket pada uji Wilcoxon diperoleh Asymp, sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”. Sesuai dengan dasar dalam pengambilan keputusan maka menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikannya perlakuan dengan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem sovling,berpikir kritis
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:30
Last Modified: 26 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item