MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS PESANTREN AL-AMIN SOOKO

Rizal, Umami (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS PESANTREN AL-AMIN SOOKO. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH.ABDUL CHALIM.

[img] Other (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK - Published Version

Download (334kB)
[img] Other (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN - Published Version

Download (258kB)
[img] Other (BAB AKHIR PENUTUP)
BAB AKHIR PENUTUP - Published Version

Download (129kB)
[img] Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Published Version

Download (241kB)
[img] Other (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Pesantren Al-Amin Sooko, yang bertujuan
untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana yang berfokus pada perencanaan,
pengadaan dan pengaturan (inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan) sarana dan prasarana
di MTs Pesantren Al-Amin Sooko.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan analisis
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka sarana prasarana, guru dan siswa.
Peneliti dalam melakukan pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi dalam melakukan analisis data.
Penelitian ini menghasilakan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang berfokus pada
perencanaan, pengadaan dan pengaturan (inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan) sarana
dan prasarana di MTs Pesantren Al-Amin Sooko sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut.
1) perencanaan sarana prasarana dilakukan awal tahun dengan menganalisa terlebih dahulu
kebutuhan sarana prasarana secara menyeluruh terhadap sarana prasarana yang akan dibutuhkan.
Penganalisisian ini dilakukan dengan cara rapat yang dihadiri oleh semua guru, staf dan para
pegawainya kemudian selanjutnya diajukan ke yayasan. 2) pengadaan sarana prasarana yang
dilakukan yaitu melalui kemandirian atau otonomi madrasah dengan mennggunakan anggaran
yang bersumber dari yayasan dan bantuan dana BOS. 3) pengaturan sarana prasarana sudah
dilakukan dengan cukup baik yaitu dalam penginventarisasian sudah melakukan pencatatan dan
pengkodean, dan penyimpanan menggunakan lemari khusus dan gudang khusus, serta
pemeliharaan sarana prasarana yang lebih berfokus terhadap kesadaran untuk Saling menjaga
barang-barang yang dimilki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S1 MPI IKHAC
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:24
Last Modified: 24 Oct 2023 08:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item