Tri, Wuryaniningsih (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DERADIKALISASI (Studi Kasus di MI Darul Ulum Kemangsen Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA tri.pdf - Published Version Download (390kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FIKS CETAK TRI CD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikat dasarnya ialah interaksi diantara guru dan siswa guna menggapai tujuan dari pendidikan, yang dilangsungkan dalam lingkungan tertentu di masyarakat sekolah, yaitu interaksi edukatif.2 Terbangunnya generasi muda yang siap melakoni hidup, baik secara individu, ataupun dalam bersosial masyarakat beitu perlu untuk diperhatikan. Akan tetapi dalam merealisasikan sebuah cita-cita pendidikan, pasti beragam persoalan yang menghadang. Sehingga sasaran-sasaran yang akan dicapai dalam sebuah proses pendidikan seiring sering tidak memberikan hasil akhir yang baik, yang bisa menghadapi resolusi 0.4 menuju revolusi 0.5. Seperti MI Darul Ulum, Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, sebuah lembaga pendidikan setingkat Ma'arif yang menaungi berbagai siswa dan guru dari berbagai latar belakang sosial ekonomi, latar belakang pendidikan orang tua, bahkan mazhab. MI Darul Ulum di Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo ialah lembaga pendidikan yang didedikasikan untuk transfer pengetahuan, perubahan sosial, budaya serta multikulturalisme.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam mencegah Deradikalisasi di MI Darul Ulum desa Kemangsen Kecamatan Balongbendo dan mendiskripsikan metode pelaksanaan implementasi Pendidikan Agama Islam dalam mencegah radikalisasi di Mi Darul Ulum kemangsen kec balongbendo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan juga menggunakan pendekatan studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan karakter dalam sistem Pendidikan Agama Islam dapat menjadi solusi atas permasalahan radikalisme. Lembaga pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan diharuskan mewujud menjadi wadah yang mampu mewujudkan misi dari pembentukan karakter moderat tersebut. Kurikulum yang ditetapkan pemerintah memerlukan penjabaran pengembangan lebih dalam dan rinci dengan melibatkan muatan deradikalisme. Untuk itu sangat dibutuhkan inovasi kurikulum dari personal guru dan pimpinan lembaga pendidikan. Hingga tugas guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan inovasi kurikulum sangatlah memegang peranan penting. Diharapkan dengan pembentukan karakter yang sesuai dengan norma- norma kemanusiaan dapat mencegah atau sedikitnya mengurangi kasus radikalis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, PAI, Deradikalisasi |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:13 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2464 |
Actions (login required)
View Item |