Ufi, Isnawati, (2022) PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. MISBAHUL HIDAYAH SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (27kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full UFI. Cetak CD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seorang guru pendidikan agama Islam harus mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan guru lainnya. Guru pendidikan agama Islam, di samping melaksanakan tugas keagamaan, ia juga melaksanakan tugas pendidikan dan pembinaan bagi peserta didik, ia membantu dalam pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak di samping menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Dengan tugas tersebut, guru pendidikan agama Islam dituntut untuk memiliki keterampilan profesional dalam menjalankan tugasnya.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana proses penerapan kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo. 2) Apa saja faktor penghambat dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo. 3) Bagaiamana implikasi dari penerapan kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo?. Metode penelitian dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo berjalan kurang optimal. Ketidakoptimalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan pihak terkait (sesama teman seprofesi, orang tua, dan masyarakat) dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo ialah lambat belajar dan ketidakmampuan belajar. Kedua jenis kesulitan tersebut berfokus pada materi muatan lokal juz amma. 2) Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan teman sesame profesi, kurang intensnya komunikasi guru pendidikan agama Islam dengan orang tua peserta didik serta masyarakat sekitar. 3) Hasil proses penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo berjalan kurang optimal sehingga hal tersebut berdampak pada kesulitan belajar peserta didik. Jadi, jika guru dapat meningkatkan kompetensi sosialnya, maka kesulitan belajar dapat diminimalisir
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Sosial Guru, Kesulitan Belajar |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 09:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 09:27 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2455 |
Actions (login required)
View Item |