PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. MISBAHUL HIDAYAH SITUBONDO

Ufi, Isnawati, (2022) PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. MISBAHUL HIDAYAH SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full UFI. Cetak CD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seorang guru pendidikan agama Islam harus mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan guru lainnya. Guru pendidikan agama Islam, di samping melaksanakan tugas keagamaan, ia juga melaksanakan tugas pendidikan dan pembinaan bagi peserta didik, ia membantu dalam pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak di samping menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Dengan tugas tersebut, guru pendidikan agama Islam dituntut untuk memiliki keterampilan profesional dalam menjalankan tugasnya.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana proses penerapan kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo. 2) Apa saja faktor penghambat dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo. 3) Bagaiamana implikasi dari penerapan kompetensi sosial guru dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo?. Metode penelitian dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo berjalan kurang optimal. Ketidakoptimalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan pihak terkait (sesama teman seprofesi, orang tua, dan masyarakat) dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo ialah lambat belajar dan ketidakmampuan belajar. Kedua jenis kesulitan tersebut berfokus pada materi muatan lokal juz amma. 2) Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan teman sesame profesi, kurang intensnya komunikasi guru pendidikan agama Islam dengan orang tua peserta didik serta masyarakat sekitar. 3) Hasil proses penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs. Misbahul Hidayah Situbondo berjalan kurang optimal sehingga hal tersebut berdampak pada kesulitan belajar peserta didik. Jadi, jika guru dapat meningkatkan kompetensi sosialnya, maka kesulitan belajar dapat diminimalisir

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru, Kesulitan Belajar
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:27
Last Modified: 20 Oct 2023 09:27
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item View Item