MANAJEMENIKEPALAISEKOLA UNTUK MENINGKATKANIMUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH PENGGERAK SMA ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK

Putri Zahrotu, Ilmiyah, (2023) MANAJEMENIKEPALAISEKOLA UNTUK MENINGKATKANIMUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH PENGGERAK SMA ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS PUTRI ZAHROTUL ILMIYAH finish CD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen yang harus dipenuhi kepala sekolah penggerak, program kerja kepala sekolah penggerak serta keberhasilan manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah penggerak SMA Assa’adah Bungah Gresik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMA Assa’adah Bungah Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi: kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan waka humas. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah penggerak SMA Assa’adah Bungah Gresik mempunyai komponen yaitu : kepala sekolah memiliki lima kecerdasan yaitu : kecerdasan profesional, personal, interpersonal, kecerdasan melaksanakan kurikulum merdeka, terpenuhinya syarat sekolah penggerak sesuai kepmendikbud ristek nomor 371 tahun 2021, mempunyai sertifikat kepala penggerak dan mengikuti pelatihan dari kemendikbud. Manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu Pendidikan di SMA Assa’adah Bungah Gresik yakni melaksanakan program kerja sebagai berikut : Bidang kurikulum yaitu menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan, memberikan motivasi kepada 2 guru penggerak, learning based on environment, learning based numeric, workshop merdeka belajar, In House Training, pelatihan aplikasi Microsoft Teams serta tes psikologi calon wali kelas. Bidang kesiswaan yaitu pembelajaran anti perundungan, gerakan literasi siswa, pelatihan public speaking, diskusi internal OSIS, webinar cakap digital, pondok Aswaja, study banding, menyediakan 22 ekstrakurikuler, gelar karya siswa pada SMADAH Performance Week serta mengikutsertakan perlombaan siswa. Bidang humas yaitu study banding kampus, memperluas kerja sama dengan SMA di Gresik, UNESA, ITB, UTM, Universitas Udayana dan PT. Atiga Langgeng Mandiri Gresik. Bidang sarpras yaitu peluncuran studio digital serta kelas program vokasi berbasis pesantren Support By BUMN. Bentuk keberhasilan program kerja kepala sekolah penggerak di SMA Assa’adah adalah siswa berhasil membuat karya ilmiah, terbentuknya profil pelajar Pancasila Siswa mampu menjadi tim broadcast dan jurnalis yang handal, menjuarai olimpiade matematika tingkat nasional, membuat produk keripik pisang, tersedianya kuota bagi para lulusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan kuota kerja di PT Atiga Langgeng Mandiri Gresik, SMA Assa’adah Bungah Gresik menjadi fasilitator sekolah penggerak sehingga tercipta hubungan sinergis SMA se-Gresik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Penggerak
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:28
Last Modified: 20 Oct 2023 09:28
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item View Item