Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achiefment Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Thoriqul Ulum Pacet Mojokerto

Hilyatun, Nafis (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achiefment Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMK Thoriqul Ulum Pacet Mojokerto. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah model pembelajaran yang berkelompok yang berisi 4-5 orang siswa secara heterogen. Dimana pembelajaran ini menjadikan siswa/ peserta didik lebih aktif serta dapat menumbuhkan jiwa sosial antar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Kewajiban Menuntut Ilmu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif one-group pre-test post-test. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X SMK Thoriqul Ulum Pacet Mojokerto yang terdiri dari 38 siswa. Hasil analisis data uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan siswa untuk pretest kelas eksperimen dengan posstest kelas eksperimen. Dalam penerapan model pembelajaran ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 30% dengan kategori cukup baik. Hal ini dapat diartikan bahwa memang terdapat pengaruh sebelum diterapkannya model pembelajaran ini dan sesudah diterapkannya model pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Ainur Rofiq M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Penelitian Kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Oct 2023 11:40
Last Modified: 13 Oct 2023 11:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item