Mustofa, Mustofa (2020) INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ASWAJA DI MTs NAHDLATUL ULAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRACK.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB AKHIR (PENUTUP ATAU KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (22kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mustofa, 2020. Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Aswaja di MTs Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo. Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto. Pembimbing; Dr. H. Masyhadi, M. Ag
Key word : Inovasi, Pembelajaran, Aswaja, Madrasah
Dalam rangka mencipatakan pembelajaran yang efektif, efisien dan bermakna bagi peserta didik pada mata pelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo, guru harus melakukan inovasi pembelajaran, agar supaya suasana pembelajaran tidak monoton, membosankan dan membuat siswa jenuh, akan tetapi sebaliknya, siswa aktif kreatif dan sesuai dengan harapan guru.
Berangkat dari hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana inovasi pembelajaran pada mata pelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo ?, 2) Bagaimana hasil dari penerapan inovasi pembelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo ?, 3) Apa kendala dan solusi dalam penerapan inovasi pembelajaran mata pelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Untuk menentukan sumber data, digunakan purposive sampling dengan pertimbangan yaitu subjek dan informan yang dipilih adalah orang yang mampu memberikan informasi seluas mungkin mengenai fokus penelitian. Selanjutnya, untuk memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, digunakan tekhnik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian selama di lapangan sebagai berikut ; 1) Inovasi pembelajaran pada Mata Pelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo dilakukan melalui ; Penyiapan perangkat pembelajaran, penggunaan metode yang bervariasi, pengelolaan kelas yang bervariasi, penggunaan media pembelajaran berbasis tekhnologi informasi, mengadakan evaluasi berkelanjutan. 2) Hasil penerapan inovasi pembelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo nampak pada ; Peningkatan motivasi siswa dan minat belajar siswa, tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatnya prestasi siswa. 3) Kendala dalam melakukan inovasi pembelajaran Aswaja di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama, Kraksaan Probolinggo sebagai berikut ; Adanya kesulitan guru dan memetakan karakteristik dan gaya belajar siswa, adanya motivasi belajar siswa yang heterogen, terbatasnya alokasi waktu jam mengajar pelajaran Aswaja, dan terbatasnya sarana dan pra sarana. Sedangkan solusi yang dilakukan oleh guru Aswaja dalam mengatasi kendala tersebut dengan melakukan ; Diskusi dengan teman sejawat, mencari informasi melalui media cetak ataupun eloktrinika, memberi motivasi siswa secara continue, dan melakukan evaluasi setiap pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pembelajaran, Aswaja, Madrasah |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 02:29 |
Last Modified: | 21 Aug 2020 02:29 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |