PERAN GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF (BERMAIN PERAN DAN BERMAIN KERETA) DI PAUD HARAPAN BUNDA

HARDIANA, INDA (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF (BERMAIN PERAN DAN BERMAIN KERETA) DI PAUD HARAPAN BUNDA. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK D.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I D.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V D.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA D.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI D.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain aktif (bermain peran dan kreta) di PAUD Harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik anlisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran yang dapat menanamkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain aktif (bermain peran dan kreta) dapat dilakukan menggunakan tahapan yang meliputi sikap menerima, merespon, menghargai dan bertanggung jawab. Kegiatan bermain aktif yaitu bermain konstruktif, bermain bebas atau spontan, bermain drama yang dilakukan di sentra main peran dan sentra kreta susun melalui 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain dan pijakan setelah bermain. 2) Peran guru dalam menanamkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain aktif yaitu guru sebagai perencana, pengamat, model, fasilitator, elabolator dan evaluator, mediator, inspirator, dan inisiator. Peran guru yang paling utama adalah peran guru sebagai model atau panutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Percaya Diri, Bermain Aktif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:06
Last Modified: 29 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item