MOH., Khoirul Anam (2022) IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PADA SISWA MTs AL- AZHAR MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (353kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (109kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS_Khoirul anam_Gresik (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Banyak terjadi penyimpangan dan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter religius memiliki peran penting mencegah perbuatan yang menyimpang dari ajaran Islam. Langkah awal mencetak generasi bangsa yang berwawasan Islami salah satunya melalui Asmaul Husna. MTs Al Azhar menjadikan Asmaul Husna sebagai pembiasaan yang dilaksanakan secara rutin sebelum belajar, untuk membentuk karakter Islami pada siswa. Melalui pembiasan, menjadikan siswa terbiasa untuk melakukan hal-hal yang baik dan siswa dapat mengamalkan makna Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian skripsi ini adalah:1) Bagaimana implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter Islami pada siswa, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter Islami siswa MTs Al Azhar Menganti Gresik?
Tujuan penelitian tesis ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter Islami pada siswa, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter Islami pada siswa MTs Al Azhar Menganti Gresik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian tesis ini adalah: pertama, pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna dilaksanakan setiap pagi sebelum KBM di mulai. Kedua, faktor pendukung dalam membentuk karakter Islami pada siswa adalah minat siswa, peran aktif guru, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya kesadaran siswa, hilangnya lembar lafaz Asmaul Husna, tidak ada atau terlambatnya guru pendamping, dan keterlambatan pembacaan dari sentral. Untuk menangani hambatan tersebut harus ada kesadaran diri, baik dari siswa, guru, maupun orang tua, selain itu harus lebih tegas lagi dalam melaksanaan peraturan sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembacaan Asma’ul Husna dalam membentuk Karakter. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:41 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:41 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2355 |
Actions (login required)
View Item |