Mila, Septiyani (2023) Manajemen Program Tahfidz Al-Qur'an di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (337kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program tahfidz yang efektif dan efisien yang berfokus pada perencanaan program tahfidz al-Qur’an dan pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sekolah, waka kurikulum, Koordinator bidang tahfidz dan ustadz/ustadzah tahfidz. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta melakukan triangulasi dalam analisi data.
Penelitian ini menghasilkan bahwa manajemen yang berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan program tahfidz al-qur’an sudah cukup baik dengan hasil: 1) perencanaan program tahfidz dilakukan dengan mempersiapkan guru tahfizd 30 juz serta menganalisa kebutuhan lain untuk pelaksanaanya dengan dilakukan rapat tahunan dan rapat evaluasi bulanan yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru dan fungsionaris. Menetapkan tujuan program berdasarkan visi misi lembaga, strategi yang digunakan dalam pelaksanaan dan adanya strategi untuk membranding program supaya selalu meningkat prestasi dan peminatnya, penggunaan metode dalam pelaksanaanya yaitu tartil, tahfidz dan takrir serta menetapkan standar keberhasilan program berdasarkan pada peningkatan kuantitas santri yang menghafal. 2) pelaksanaan program tahfidz berjalan sesuai dengan jadwal yang disusun mulai dari tempat dan waktu pelaksanaan dengan menerapkan metode dari lembaga yaitu Tartil, Tahfidz dan Takrir. Target hafalan harian yang ditetapkan berdasarkan kemampuan siswa berdasarkan klasifikasi kelas yang dibuat pada awal peserta didik masuk. Pemberian motivasi kepada siswa dalam bentuk apresiasi sebagai capaian pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Program Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:49 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 08:49 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |