METODE PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA JATIM KABUPATEN MOJOKERTO

Riska, Rikarna Diana (2023) METODE PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA DI SEKOLAH POLISI NEGARA POLDA JATIM KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis Full Riska.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Disiplin Bagi Siswa Di Sekolah Polisi Negara Polda Jatim Kabupaten Mojokerto
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter Disiplin bagi Siswa di Sekolah Kepolisian Negara Polda Jatim Kabupaten Mojokerto dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter Disiplin bagi Siswa di Sekolah Kepolisian Negara Polda Jatim Kabupaten Mojokerto
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter disiplin bagi siswa Sekolah Polisi Negara Polda Jatim dilakukan dalam 3 langkah yaitu (1). Pembiasaan rutin (2). Pembiasan spontan (3). Pembiasaan keteladanan. Kemudian dengan seluruh pemaparan data tentang pembiasaan rutin kegiatan yang dilakukan terjadwal di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Kegiatan Apel (b). Kegiatan pemeliharaan kebersihan diri dan barak (c). Olahraga (d). Literasi (e). Kegiatan fisik harian dan (f). Sholat 5 waktu berjamaah. Kegiatan pembiasaan spontan tidak terjadwal dalam kejadian khusus di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Antri (b). Membuang sampah pada tempatnya dan (c). Perilaku 5s. Kegiatan lain yang berperan dalam pelaksanaan pembiasaan keteladanan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dicontohkan oleh pengasuh dan pendidik seperti: (a). Sikap tampang (b). Apresiasi dan (c). Korve.
Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim terdapat 2 faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim yaitu: (a). Internal: Kesadaran dari dalam diri siswa dan eksternal: (a). Faktor lingkungan (b). Faktor kurikulum. Faktor penghambat pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan karakter disiplin siswa di SPN Polda Jatim yaitu: (1). Internal Kematangan pola pikir siswa dan eksternal: (2). Tidak konsistennya tenaga pendidik.
Kata Kunci: metode pembiasaan, pendidikan karakter disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode pembiasaan, pendidikan karakter disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:07
Last Modified: 29 Sep 2023 09:07
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item