Fuad, Srini-o (2023) PERAN BABO (KYAI) DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TARBIAH DINIYAH (THAILAND SELATAN). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (290kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (193kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (99kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text (Tesis full text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Peran Babo (kyai) dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tarbiah Diniyah yang mana penulis memilih Madrasah Tarbiah Diniyah sebagai tempat studi kasus penelitian. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui(1)Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran Babo dalam mengembangkan pendidikan Agama Islam di Madrasah Tarbiah Diniyah Thailand (2)Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi Babo dalam mengembangkan pendidikan Agama Islam di Madrasah Tarbiah Diniyah Thailand
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperolehkan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Madrasah Tarbiah Diniyah Thailand
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran Babo dalam Mengembangkan Pendidikan dapat disimpul bahwa ketika menjadi pendidik Babo bukan hanya guru dan pendidik tetapi juga pemimpin dan pengelola pondok pesantren untuk bertahan menghadapi modernisasi dan Babo harus mampu menyesuaikan pendidikannya di pesantren agar santrinya berwatak atau berkarakter sesuai dengan misi yang di emban dalam agama Islam (2) Strategi dalam Mengembangkan Pendidikan Babo selalu berlaku proses integrasi antara metode, teknik, taktik dalam menentukan strategi pembelajaran adalah Babo menentukan strategi maka yang di pertimbangkan adalah bahan ajar, kemampuannya Babo dan cocokkah untuk para siswa apakah ini sudah tepat sasarannya untuk metode yang digunakan terdidiri dari Sembilan yaitu a) Metode Ceramah b) Metode Diskusi c) Metode kisah d) Metode keteladanan e) Metode pembiasaan f) Metode hukuman g) Metode wirid h) Metode Rihlah i) Metode pujian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Babo, Pengembangan Pendidikan, Madrasah Tarbiah Diniyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:59 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:59 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2314 |
Actions (login required)
View Item |