PENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL ULUM PANDANARUM

YUSHINTA, LAILATUL ROHMAH (2023) PENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL ULUM PANDANARUM. Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Persaingan dan tuntutan dalam dunia pendidikan meningkat secara signifikan, memperlihatkan peran penting pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan bukan hanya fokus pada pengembangan kecerdasan intelektual, tetapi juga pada kemampuan menerapkan pengetahuan dengan benar dan tepat. Salah satu aspek penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir dan berargumen adalah melalui pembelajaran matematika. Namun, siswa di Indonesia sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep matematika yang lebih abstrak dan kompleks.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Pandanarum. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket kecerdasan logika matematika dan tes kemampuan pemahaman konsep. Sampel penelitian ini berjumlah 120 siswa. Adapun analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai R square sebesar 0,083 (83%) menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematika memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, sedangkan 17% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil uji t diketahui bahwa nilai t_hitung sebesar 3,266 > t_tabel sebesar 1,981 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecerdasan logika matematika (X) terhadap variabel kemampuan pemahaman konsep (Y). Diketahui signifikasi (Sig.) sebesar 0,001 < 0,05, maka H_a diterima dan H_(O )ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logika Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:38
Last Modified: 29 Sep 2023 09:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item