SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUMBER BUNGA KAPONGAN SITUBONDO

Zaini, Zaini (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUMBER BUNGA KAPONGAN SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL wtr.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penyusunan perencanaan supervisi akademik yang harus dipertimbangkan adalah penyusunan jadwal, tujuan, pendekatan, teknik dan instrumen yang dibutuhkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo, Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo. Metode penelitian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru. Di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo pendekatan yang sering digunakan yaitu pendekatan kolaboratif dan teknik yang digunakan yaitu teknik supervisi bersifat kelompok (rapat guru, workshop, dan MGMP) serta teknik bersifat individual (kunjungan kelas dan observasi kelas). Pelaksanaan supervisi akademik yang baik dapat meningkatkan kompetensi profesional guru sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo. Faktor pendukung manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo adalah pendidikan guru, pengalaman mengajar guru,pengalaman pelatihan yang telah dilakukan guru, motivasi, sarana prasarana, serta supervisi kepala sekolah. Faktor penghambat manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Sumber Bunga Kapongan Situbondo adalah kurangnya pengalaman mengajar, kurang adanya pelatihan, kurangnya motivasi dari diri sendiri, tidak adanya supervisi akademik dari kepala madrasah, serta kualifikasi jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kompetensi Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:24
Last Modified: 31 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item