Hendrik, Sukma Trismayanto (2022) MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SUNAN KALIJAGA (STUDI ANALISIS KIDUNG RUMEKSO ING WENGI DALAM BUKU ISLAM MENCINTAI NUSANTARA: JALAN DAKWAH SUNAN KALIJAGA KARYA B. WIWOHO). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (603kB) |
|
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Download (344kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (482kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Semakin banyaknya lembaga pendidikan agama Islam yang berdiri di Indonesia baik berupa pondok pesantren maupun madrasah. Akan tetapi akhlak remaja di Indonesia masih berada di titik yang rendah. Masih banyak kasus tawuran antar pelajar, pemerkosaan, pencurian yang melibatkan para remaja. Hal tersebut menjadi suatu pertanda kurang efektifnya Pendidikan Agama Islam yang ada di Indonesia. Untuk menanggulangi keadaan tersebut, Salah satu solusi telah dilakukan oleh Walisongo pada masa peralihan Hindu-Buddha menuju Islam. Sunan Kalijaga menjadikan budaya masyarakat sebagai media pendidikannya. Salah satu media pendidikan tersebut adalah Kidung Rumeksa Ing Wengi yang mengandung banyak sekali Nilai-Nilai Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi Pendidikan Agama Islam yang ada di dalam Kidung Rumeksa Ing Wengi serta menganalisis Kidung Rumeksa Ing Wengi dari sudut pandang Neurosains. Untuk menjawab tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif library research kajian sejarah dengan pendekatan hermeneutik dan pendekatan interpretatif. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melewati tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Dalam Kidung tersebut terdapat: 1) Materi Pendidikan Agamai Islam dalam Kidung Rumeksa Ing Wengi: a) Pembahasan Al-Qur’an yaitu: Al-An’am, Al-Ikhlash, b) Hadits: Dzikir, sabar, puasa, dan sedekah, c) Aqidah yaitu: Pengenalan istilah malaikat, Ar-rasyid Al Hadi dan Al-Hayyu, pengenalan nama malaikat beserta tugasnya, Nabi Muhammad ﷺ nabi terakhir, Al-Ikhlash dan Al-An’am, d) Akhlak: Puasa dan sabar, tujuan hidup, potensi manusia, dzikir Ya Hu Allah, keindahan pribadi sufi, anjuran bersedekah, e) Fiqih: Puasa, f) Sejarah Kebudayaan Islam: Pengenalan Nabi dan tokoh-tokoh Islam. Dan 2) Analisis sudut pandang Neurosains yaitu: Kidung tersebut memenuhi 7 faktor yang mempengaruhi potensi terbentuknya memori jangka panjang diantaranya: a) Keterkaitan pribadi dengan suatu informasi, b) Konsentrasi, c) persepsi multi-indrawi, d) konteks dalam menerima informasi, e) Mnemonik atau penerapan teknik tertentu dalam mengingat, f) Suasana hati dan sikap, g) organisasi mental ketika mengingat suatu informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi, Pendidikan Agama Islam, Kidung Rumeksa Ing Wengi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education Q Science > QM Human anatomy Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 11:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 11:09 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2232 |
Actions (login required)
View Item |