PENGARUH LABEL HALAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI SITUS ONLINE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM

Muhammad, Abdul Rosyid (2022) PENGARUH LABEL HALAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI SITUS ONLINE SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER&ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_Muhammad Abdul Rosyid.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

¬E-commerce merupakan konsep baru yang bisa digunakan sebagi proses jual beli barang atau jasa. Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang setiap tahun penggunanya semakin meningkat. Penggunaan aplikasi shopee sangat diminati oleh berbagi kalangan terutama mahasiswa. Dalam membeli suatu produk, label halal serta informasi mengenai produk tersebut sangatlah penting dengan adanya electronic word of mouth sebagai media informasi biasanya menjadi pertimbangan untuk memutuskan untuk membeli produk tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan terdapat pengaruh label halal dan electronic word of moutuh secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Syariah.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan juga data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti jumlahnya, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 82 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda.
Label halal dan electronic word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman di situs online shopee. Hal itu ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 59,149 dan nilai F tabel sebesar 3,11. Adapun nilai signifikansinya sebesar < 0,001. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel dan nilai signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: label halal, electronic word of mouth, keputusan pembalian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:30
Last Modified: 30 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2206

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item