INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FALSAFAH ULUN LAMPUNG PADA MASYARAKAT PEPADUN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Via, Nindia Lusiwi (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FALSAFAH ULUN LAMPUNG PADA MASYARAKAT PEPADUN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena tercemarnya makna falsafah hidup ulun Lampung masyarakat pepadun karenan penyalahgunaan dan penyimpangan falsafah hidup Lampung dalam pelaksanaannya. Salah satu bukti adanya pandangan negatif tentang falsafah hidup Lampung yang datang dari masyarakat luar (pendatang) yang berkontak dengan masyrakat Lampung antara lain adanya stigma “hati-hati dengan orang Lampung, kemana-mana membawa piil”. Sementara kita tahu bahwa dari berbagai penelitian yang telah dilakukan menyebutkan falsafah hidup Lampung seperti piil pesinggiri, bejuluk adek, nemui nyimah, nengah nyappur, dan sakai sambayan memuat nilai-nilai yang sejalan dengan ajaran Islam bahkan koheren dengan nilai-nilai pendidikan Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dalam pendekatan fenomenologi dapat memungkinkan untuk mengungkap konsep religiusitas yang seharusnya ada dalam diri masyarakat pepadun. Peneliti menggunakan dua sumber data, yang pertama sumber data perimer melalui observasi dan wawancara mendalam kepada bupati Lampung Tengah, tokoh adat, tokoh pemuda adat, masyarakat pepadun, yang kedua sumber data sekunder yaitu melalui dokumentasi dan penelusuran internet. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : nilai-nilai pendidikan Islam relevan dengan falsafah hidup Lampung yaitu piil pesinggiri yaitu harga diri, bejuluk adek yaitu kepemimpinan, nemui nyimah yaitu sopan santun, nengah nyappur yaitu suka bergaul, dan sakai sambayan yaitu tolong menolong serta internalisasi dari nilai-nilai pendidikan Islam dalam falsafah hidup Lampung terlihat dari penerapan falsafah hidup Lampung di kabupaten Lampung Tengah yaitu dari perilaku masyarakat dalam menjaga harga dirinya dikehidupan sehari-hari, seperti menjaga silaturahmi dengan masyarakat yang lain, menjaga sopan santunnya dalam bertamu dan menerima tamu, menjaga pergaulannya, serta menjadi teladan bagi yang lain. selain itu terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam falsafah ulun Lampung pada masyarakat pepadun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Nilai Pendidikan Islam, Falsafah Hidup Ulun Lampung, Masyarakat Pepadun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:11
Last Modified: 30 Aug 2023 08:11
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item