Rizqy, Rizqy Amalia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM ILMU TAJWID BAGI SANTRI TPQ ATH-THOHIRIYAH II MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (432kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran ini berdasarkan kenyataan bahwa belum adanya media pembelajaran yang memiliki kriteria sebagai media pembelajaran multimedia interaktif dan efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran Ilmu Tajwid bagi santri TPQ Ath-Thohiriyah II Mojokerto dan untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran Ilmu Tajwid bagi santri TPQ Ath-Thohiriyah II Mojokerto.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu 1) Tahap penelitian dan pengumpulan data, 2) Tahap perencanaan, 3) Tahap pengembangan format produk awal, 4) Tahap uji coba awal oleh validasi, 5) Tahap revisi produk, 6) Tahap uji coba lapangan, 7) Tahap revisi produk II, 8) Tahap desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah dosen, guru dan santri TPQ Ath-Thoriyah II kelas Qira’ati jilid 4. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, lembar observasi dan tes.
Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah 1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 2) produk pengembangan ini telah terbukti menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar santri yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan validator, ahli materi sebesar 96%, ahli media sebesar 74%, ahli pembelajaran I sebesar 93%, ahli pembelajaran II sebesar 89%, dan tanggapan santri sebesar 94. 13%. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukkan analisis data dari pretest dan posttest dari hasil uji T yang dilakukan dengan taraf kebenaran 95% diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar santri antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, Ilmu Tajwid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 08:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 08:49 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2180 |
Actions (login required)
View Item |