STUDI KASUS TENTANG MOTIVASI BELAJAR ANAK SLOW LEARNER DI KB JAMIATUS SALAM

Khoerunissa, Khoerunissa (2023) STUDI KASUS TENTANG MOTIVASI BELAJAR ANAK SLOW LEARNER DI KB JAMIATUS SALAM. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Khoerunissa PIAUD 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak slow learner merupakan anak yang memiliki kemampuan intelektual lebih lemah dibandingkan dengan anak seusianya. Anak tersebut biasanya memiliki motivasi belajar yang rendah. Mereka mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran sehingga membutuhkan waktu lebih lama dengan pengulangan materi. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kondisi kesulitan belajar anak slow learner di KB Jamiatus Salam. 2) Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan munculnya motivasi belajar anak slow learner di KB Jamiatus Salam. 3) Mendeskripsikan solusi yang tepat untuk mengatasi anak slow learner di KB Jamiatus Salam agar termotivasi untuk belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk bisa menjelaskan secara lebih rinci dan mendalam mengenai fenomena yang sedang diteliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas bintang di KB Jamiatus Salam. Teknik pengumulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dan informasi yang diperoleh akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami anak slow learner di KB Jamiatus Salam adalah memiliki intelegensi rendah, fokus belajar mudah terbagi, tidak mampu mengarahkan diri, keterbatasan berpikir abstraksi, kesulitan memahami kata dan pengertian, lama memahami materi pembelajaran, memiliki daya ingat lemah, lama mengingat namun mudah melupakan, dan tidak mampu memecahkan permasalahan. 2) Motivasi belajar anak slow learner dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebutuhan untuk menguasai ilmu, cita-cita, keterbatasan kemampuan membaca, kondisi lingkungan, dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. 3) Solusi untuk mengatasi anak slow learner adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, posisi duduk yang strategis di bawah bimbingan guru, bimbingan khusus dengan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak, serta kerja sama yang kuat antara guru dengan orang tua untuk membantu proses perkembangan anak slow learner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Slow Learner, dan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:26
Last Modified: 21 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item