MANAJEMEN KEPALA MA’HADUL QUR’AN DALAM MENGOPTIMALISASI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN di SUKOREJO SITUBONDO JAWA TIMUR

Siti, Nur Hajiyah (2023) MANAJEMEN KEPALA MA’HADUL QUR’AN DALAM MENGOPTIMALISASI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN di SUKOREJO SITUBONDO JAWA TIMUR. Masters thesis, institut pasantren kh. abdul chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (746kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (FULL TESIS)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari tingginya bakat dan minat santri maupun masyarakat umum untuk mendalami ilmu-ilmu Al-Qur’an. Hal ini yang mendorong banyaknya lembaga pendidikan hadir dengan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan dari peneliti ini ialah untuk, 1) Mengetahui Manajemen kepala Ma’hadul Qur’an dalam Mengoptimalisasi Program Tahfidz; 2) Mengetahui Kualitas Hafalan Peserta Didik Pada Program Tahfidz.
Penelitian ini menggunakan jeninis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek peneliti ini dilakukan di lakukan di Ma’hadul Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam peneliti ini meliputi Kepala Ma’hadul Qur’an, Pembina Tahfidz Putri, Koordinator Tahfidz Putri, Guru Tahfidz, Guru Tadris, Kaur Kurikulum, KTU, Santri. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah Triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen Kepala Ma’hadul Qur’an dalam Mengoptimalisai Program Tahfidz ada beberapa tahapan; a) Dalam perencanaan meliputi 4 tahapan yaitu: penetapan program, penetapan indikator program, penanggung jawab program, penyusunan jadwal kegiatan program; b) Dalam pelaksanaan mencakup 3 tahapan yaitu: penentuan strategi dalam mengoptimalisasi program, implementasi kegiatan, kriteria guru; c) Evaluasi program dilakukan secara berkala. Evaluasi dilakukan 1 tahun 2 kali yaitu evaluasi bulanan dan evaluasi qubro 2) kualitas hafalan santri dapat dilihat dari kelancarannya, tajwid, tartil dan kriteria kelulusan tahfidz mereka harus benar-banar mampu menghafal 30 juz secara mutqin dan minimal salah 2 juz dan dalam pembelajaran tadrisnya tidak boleh ada nilai dibawah 60.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala, Ma’hadul Qur’an, Program Tahfidz
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:25
Last Modified: 15 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item