MOKH, ZAINUR RAMADHANI (2022) TAHFIDZUL AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS NEGERI KOTA PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (399kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang tahfidzul Al-Qur’an dalam peningkatan karakter religius siswa MTs Negeri kota pasuruan. Program tahfidzul Al-Qur’an menjadi sarana efektif untuk menyampaikan nilai-nilai akhlak, mempengaruhi cara berfikir dan berperilaku anak-anak, karena mereka senang mendengarkan atau membaca Al-Qur’an maka secara otomatis pesan-pesan kebaikan yang diselipkan akan didengarkan dengan senang hati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sementara itu, dilihat dari metode penyajian data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif. Metode yang digunakan daalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Program tahfidzul Qur’an di MTs Negeri kota pasuruan adalah program yang di unggulkan karena sudah ada kelas khusus untuk siswa yang menghafalkan Al-Qur’an, proses pelaksanaan mencakup pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang disertai pembentukan karakter religius(disiplin,tanggungjawab, dan akhlak mulia). Sikap religius siswa bervariasi, mayoritas siswa mampu menjalankan ibadah dengan taat, lebih sopan dalam berperilaku karena kegiatan tahfidzul Al-Qur’an memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap proses peningkatan karakter religius. 2) Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari pihak madrasah, orang tua, serta lingkungan. dan faktor penghambatnya adalah ketidakhadiran guru pembimbing tahfidz, beberapa siswa tidak bisa mambagi waktu antara menghafalkan Al-Qur’an dengan kegiatan lain, serta kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidzul Qur’an, Karakter religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 08:32 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 08:32 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |