MANAJEMEN MUTU DALAM PERSPEKTIF SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH (Studi Kasus Di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah

Yunus, Moh. Yunus (2020) MANAJEMEN MUTU DALAM PERSPEKTIF SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH (Studi Kasus Di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah. MANAJEMEN MUTU DALAM PERSPEKTIF SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH (Studi Kasus Di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Yunus.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Tesis Yunus.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Tesis Yunus.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Lengkap Yunus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Yunus.pdf - Published Version

Download (183kB)

Abstract

Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, diperlukan upaya untuk membangun budaya mutu disekolah. Budaya mutu akan terbangun dengan cara mengimplementasikan penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh pemerintah salah satunya adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan didalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen yang didalamnya mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Maka SPMI penting untuk diimplementasikan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengambil tema penelitian Implementasi SPMI di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Sesuai dengan tema penelitia ini, maka fokus penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan Menganalisis Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di MBI Amanatul Ummah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di MBI Amanatul Ummah. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik keajegan/ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaaan pada teman sejawat dan pengecekan anggota.
Hasil penelitian ini adalah Implementasi SPMI di MBI Amanatul Ummah dapat dianalisa dalam 5 aspek sebagai berikut 1) Aspek Input, indikator dalam instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh sekolah sepenuhnya sesuai dengan indikator mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), 2) Aspek Proses, sasaran dalam rencana pemenuhan mutu sepenuhnya berprinsip agressive and attainable, 3) Aspek Output, sudah terpenuhinya sasaran terkait pemenuhan 8 SNP yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Madrasah Bertaraf Intenasional (MBI) Amanatul Ummah Pacet Mojokerto
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:53
Last Modified: 15 Aug 2023 07:53
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item