MANAJEMEN STRATEGI PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI PEDOMAN KURIKULUM DARURAT COVID-19 (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah 1 Annuqayah Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura)

Fahris, Fahris (2022) MANAJEMEN STRATEGI PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI PEDOMAN KURIKULUM DARURAT COVID-19 (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah 1 Annuqayah Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Tesis Full)
TFull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang sudah ada di awal perkembangan agama islam sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini. Pesantren dalam misi pendidikan sekolah memiliki peran yang lebih komplek dari pada pendidikan umum. Penelitian kualitatif merupakan penelitian berangkat dari fenomena yang sedang berlangsung serta dialami oleh subjek penelitian kemudian di tangkap atau di rekam menggunakan bahasa dan kata-kata untuk suatu konteks khusus dengan menggunakan metode alamiah. Dengan kata lain, penelitian yang memahami fenomena sosial dari sudut pandang subjek menggunakan pendekatan kualitatif.
Manajemen strategi pendidikan yang baik tentu sangat berpengaruh kepada pencapaian tujuan pendidikan maupun dalam menciptakan suasana sekolah yang kondusif yang menumbuhkan semangat tenaga pendidik maupun peserta didik. Dengan manajemen stategi pendidikan yang baik, terutama dalam masa pandemic covid-19 diharapkan dapat memberikan dorongan, memberikan kemudahan, kemajuan serta dapat memberikan inspirasi dalam proses pencapaian tujuan pendidikan.
Dapat dipahami bahwa Mts 1 Annuqayah sudah mempersiapkan kurikulum khusus dengan pedoman dari edaran Dirjen Pendidikan Islam kementerian Agama dalam menghadapi adaptasi pendidikan dalam situasi pandemic Covid-19. Para tenaga pendidik yang kurang kompeten perlu adanya asistensi dari sekolah agar proses belajar mengajar dengan para peserta didik dengan sistem pembelajaran jauh bisa dilakukan secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pesantren, Mutu, Kurikulum Darurat Covid-19
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:21
Last Modified: 03 Apr 2023 07:21
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item