MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA MENYELURUH DI MTS SUNAN BONANG MOJOKERTO

M. ALDI, IRFAN (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA MENYELURUH DI MTS SUNAN BONANG MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (THESIS FULL)
THESIS M. ALDI IRFAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pengembangan Pendidikan karakter tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah (kepala sekolah dan guru), tetapi juga tanggung jawab orang tua siswa.Karena pengembangan pendidikan karakter merupakan tanggung jawab Bersama antara kepala sekolah,guru dan orang tua,maka masing-masing harus mampu berperan sebagai pendukung keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuI bentuk-bentuk kegaitan apa saja yang sudah dilakukan dalam pelaksanaan manajemen Pendidikan karakter di MTs Sunan Bonang dan mendiskripsikan manajemen pendidikan karakter dengan pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh di MTs SUNAN BONANG Bangeran Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan di MTs Sunan Bonang Bangeran Dawarblandong Mojokerto pada Bulan Nopember 2021 – April 2022. Sebanyak 6 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Staf Administrasi, Guru, Orang Tua Siswa, Murid menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen, sedangkan untuk anailisis data yang digunakan adalah sesuai dengan teori Miles Huberman dan saldana, keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan metode
Hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di MTs Sunan Bonang Bangeran Dawarblandong pada umumnya telah dilakukan cukup baik, walaupun belum optimal. Masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan baik pada aspek perencanaannya, pengorganisasiannya, pelaksanaannya dan kontrol serta evaluasinya, serta aspek keterlibatan orang tua dalam proses manajemen pendidikan karakter tersebut. Kegiatan atau program yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut; (a) Memberi keteladanan dan melakukan Pembiasaan. (b) Merancang dan Membuat iPerencanaan. (c) Menyusun Silabus yang berkarakter. (d) Menyusun RPP berkarakter. (e) Pengelolaan ruang Kelas yang Kondusif dan lingkungan yang ramah (f) Menerbitkan Buku Komunikasi. (g) Pertemuan orang tua (forum evaluasi). (h) Program Kesiswaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendekatan Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 13 Mar 2023 10:38
Last Modified: 13 Mar 2023 10:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1874

Available Versions of this Item

  • UNSPECIFIED (deposited UNSPECIFIED)
    • MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA MENYELURUH DI MTS SUNAN BONANG MOJOKERTO. (deposited 13 Mar 2023 10:38) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item