IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SDI KREATIF MUTIARA ANAK SHOLEH SUKODONO SIDOARJO

SERIFAH, DINI FITRIA (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SDI KREATIF MUTIARA ANAK SHOLEH SUKODONO SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (1. COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (2. BAB 1 (PENDAHULUAN))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (3. BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN))
3. BAB AKHIR (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (4. DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (5. KARYA ILMIAH UTUH)
5. KARYA ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum Cambridge lebih mengarah pada pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan selain itu juga siswa diarahkan untuk berfikir kritis, serta pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Cambridge? 2) Bagaimana Tahap-tahap Kurikulum Cambridge? Serta 3) Apa Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan kurikulum Cambridge? yang mana tujuan dari penelitian ini secara keseluruhan ingin mengetahui Implementasi Kurikulum Cambridge, tahapan-tahapannya serta kelebihan dan kelemahan kurikulum tersebut di SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru di SDI Kreatif MAS. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi kurikulum Cambridge di SDI Kreatif MAS dikatakan layak dan menjadi salah satu rolemodel di daerah sekitar sebagai sekolah yang menerapkan kurikulum internasional. Dalam tahapannya kurikulum Cambridge terdiri dari tiga tahap, yakni 1)Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Kelebihan kurikulum Cambridge gaya berfikir siswa jauh lebih tinggi daripada siswa yang hanya belajar kurikulum nasional, sedangkan kelemahannya masih banyak yang kurang memahami susunan kalimat dari setiap bacaan yang berbasis bahasa Inggris dikarenakan kurangnya penerapan komunikasi bahasa Inggris di lingkungan keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Kurikulum Cambridge, Penelitian Kualitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 13 Mar 2023 11:49
Last Modified: 13 Mar 2023 11:49
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item