STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 MLANDINGAN SITUBONDO JAWA TIMUR

Fausi, Fausi (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 MLANDINGAN SITUBONDO JAWA TIMUR. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover & Abstrak)
File 1 Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
File 2 BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (BAB V (Penutup-Kesimpulan))
File 3 BAB V (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 4 (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
File 5 Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fausi,2020.
Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Pembimbing: Dr. H. Zakariyah, M.PdI.

Indonesia adalah salah satu Negara multikultural terbesar di dunia. Bila bangsa ini ingin menjadi kuat, maka diperlukan adanya sikap saling menghargai,menghormati, memahami dan sikap saling menerima dari tiap individu yang beragam, sehingga dapat saling membantu bekerja sama dalam membangun Negara menjadi lebih baik. Pendidikan multicultural dalam perspektif Islam, berprinsip pada demokrasi, kesetaraan dan keadilan ini ternyata kompatibel dengan doktrin-doktrin Islam dan pengalaman historis umat Islam.
Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan Islam multikultural di SMP Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa timur, (2) Apa faktor pendukung dan penghabat implementasi pendidikan Islam multikultural di SMP Negeri2 Mlandingan Situbondo Jawa timur
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tehnik dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Mlandingan, Jl. Selowogo No. 10 desa Trebungan Mlandingan Situbondo Jawa timur. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, disamping pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik análisis deskriptif dengan validitas data menggunakan triangulasi sumber, pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa pada aspek strategi guru PAI meliputi aspek perencanaan, dengan menerapkan beberapa perencanaan kegiatan, meliputi Pertama, perencanaan strategis, perencanaan program dan perencanaan kegiatan pembelajaran yang kesemuanya memuat aspek pendidikan Islam multikultural, terutama pada mata pelajaran PAI. Kedua, aspek implementasi, pemahaman pendidikan Islam multikultural dilakukan dengan berbagai cara dan kegiatan, seperti pembacaan Qur’an yang mengandung nilai pendidikan Islam Multikultural. Peringatan hari besar keagamaan (peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tahun baru hijriyah, penyembelihan hewan qurban, dan pembagian zakat fitrah), serta pembiasaan (Sholat dhuhur berjema’ah, berjabat tangan, berdoa sebelum memulai pelajaran) dan yang banyak mengandung nilai pendidikan multikultural. Ketiga,aspek evaluasi, dilakukan dengan dua hal (pelaksanaan pendidikan Islam multikultural dan kegiatan pembelajaran).
kemudian pada Aspek faktor pendukung dan penghambat ada 6 (enam) faktor, yaitu : tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, siswa, fasilitas, waktu dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zakariyah, M.PdI
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Pendidikan Islam Multikultural.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:39
Last Modified: 18 Aug 2020 03:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item