PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KEMUNING MENUNGGAL KEDAMEAN GRESIK

Ma’sum, Ma’sum (2021) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KEMUNING MENUNGGAL KEDAMEAN GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS MA'SUM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan perencanaan penilaian autentik; 2) Mendiskripsikan pelaksanaan penilaian autentik; dan 3) Mendiskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam penilaian autentik di MI Hidayatus Shibyan Kemuning Menunggal Kedamean Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru fiqih kelas V MI Hidayatus Shibyan Kemuning Menunggal Kedamean Gresik. Obyek penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan yang dialami guru fiqih kelas V dalam penilaian autentik.
Hasil penelitian penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran fiqih kelas V MI Hidayatus Shibyan Kemuning Menunggal Kedamean Gresik menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan penilaian dilakukan dengan membuat silabus, menyusun indikator pencapaian, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran; 2) pelaksanaan penilaian dilakukan sesuai dengan mengacu pada standar kompetensi, RPP dan buku panduan guru yang telah ada, dan terakhir proses pelaporan penilaian dengan mengkalkulasi nilai harian dan tugas-tugas siswa kemudian di tulis dalam rapor siswa; dan 3) hambatan guru fiqih kelas V dalam pelaksanaan penilaian autentik adalah banyaknya jumlah peserta didik, banyaknya penilaian yang harus dilakukan, dan ketersediaan waktu dalam melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik, Pembelajaran, Mata pelajaran Fiqih
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:44
Last Modified: 30 Mar 2023 07:44
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item